Pemda Manggarai Barat Akan Menggelar Festival Budaya

  • Sharebar
Ir. Teodorus Suhardi, M.Si, Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya Kabupaten Manggarai Barat. 
Labuan Bajo, Floresindependen.com - Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat akan menggelar event Festival Budaya yang akan diselenggarakan pada tanggal 5 -10 Maret 2018 di Labuan Bajo. Festival diadakan dengan tujuan untuk mempromosikan pariwisata provinsi Nusa Tenggara Timur dan salah satunya promosi berkelanjutan atas reptil Komodo yang telah mendunia. 
 
Hal ini dikatakan kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan kabupaten Manggarai Barat, Ir. Teodorus Suhardi, M.Si saat dikonfirmasi floresindependen.com di ruangan kerjanya, akhir pekan lalu. 
 
Ia mengatakan dengan adanya kegiatan Pagelaran Seni Budaya ini untuk mempromosikan pariwisata di Nusa Tenggara Timur yang beraneka ragam baik wisata alam, budaya dan religi termasuk di dalamnya promosi lebih jauh binatang Komodo yang menjadi ikon Kota Labuan Bajo sebagai pintu gerbang paling barat memasuki pariwisata Pulau Flores .
 
"Tentunya ini merupakan salah satu acang promosi pariwisata yang akan lebih diperkenalkan ke dunia internasonal. Harapannya akan menarik perhatian wisatawan manca negara dan domestik yang berkunjung ke arena Festival untuk mereka bisa melihat dari dekat khazanah pariwisata NTT dan Manggarai Barat," tutur Teodorus.
 
Pagelaran seni budaya ini dikemas dalam model promosi yang menunjukan: 60% wisata budaya (culture), 35 % buatan dan 5% alam . Dia juga menjelaskan bahwa ada dua kegiatan yang sudah populer di Labuan Bajo yaitu, Komodo Festival dan Tour the Flores (TdF) yang turut berandik membuat pariwisata Labuan Bajo lebih dikenal ke level dunia internasional. 
 
"Sehinga  pemerintah hanya menyiapkan ruang publik untuk masyarakat untuk bisa dimanfaatkan dengan baik, bisa menampilkan kreativitas dan motivasi karya masyarakat dan mendorong agar mereka selalu menampilkan budaya wisata. Kegiatan pagelaran seni budaya ini untuk menambah penghasilan ekonomi bagi masyarakat," kata Teodorus.
 
Menurut dia, pagelaran seni budaya kali ini akan dipertunjukan berbagai perlombaan antara lain, lomba pembuatan patung komodo dan Manta , parade patung komodo , lomba voley pantai, lomba menghias perahu, lomba Dayung Sampan , basar kuliner, atraksi seni budaya dan caci.
 
"Pagelaran seni budaya kali ini kita akan menunjukan yang terbaik dari pagelaran seni budaya tahun sebelumnya, sehingga kalau ada peserta Pagelaran Seni Budaya yang mau ikut lomba silahkan, untuk mendaftar ke panitia persiapan pagelaran seni budaya. Penutupan pendaftaran sampai dengan tanggal 28 Februari 2018," kata Teodorus.(HER)
groups: