MENGECAP NIKMATNYA KULINER BUMI KOMODO DI PONDOK FLORES

  • Sharebar
Wisatawan sedang menikmati makanan bercitarasa lokal di Restaurant Pondok Flores Labuan Bajo. Di sini tersedia aneka makanan lokal.

LABUAN BAJO, Floresindependen.com - Pariwisata Manggarai Barat atau yang dikenal dengan destinasi Komodo terus mempercantik diri sebagai salah satu destinasi favorit di Indonesia. Tidak hanya wisata alamnya yang masih asli, wisata budaya dan bahari juga tak ketinggalan menyuguhkan keindahan mempesona.

Bila kita melangkah atau mengunjungi daerah wisata atau melakukan perjalanan wisata, rasanya kurang lengkap kalau belum menikmati kuliner setempat. 

Bumi Komodo yang terletak di ujung barat Pulau Flores, dimana Kota Labuan Bajo menjadi sentral pertemuan arus wisatawan baik yang datang menggunakan jasa transportasi udara, darat maupun laut telah lama menyimpan aneka cita rasa kuliner yang khas.

Tak hanya merupakan rumah bagi deretan lanskap pesona alam menawan dan sebagai jembatan menuju Taman Nasional Komodo, salah satu wilayah di Flores ini pun jadi tempat di mana para pelancong bisa mendapatkan kuliner khas bercita rasa menggoda. Dengan sentuhan lokal, baik dari bumbu maupun cara pembuatannya semua tersaji menjadi menu kuliner yang lezat tak terlupakan.

Di berbagai sudut penjuru dengan cukup mudah kita bisa menemukan warung makanan di  Labuan Bajo. Tinggal saja, pastikan berburu kuliner menjadi salah satu agenda ketika menghabiskan liburan di ujung barat pulau Flores. 

Selain menikmati senja di pantai Pede, Pantai Wae Cicu atau treking di Pulau Padar dan Bukit Cinta, serta menikmati indahnya sunset dari Toro Lema Batu Kalo, berkunjunglah pula di seputar Labuan Bajo pada warung-warung makan yang menyediakan makanan-makanan khas Labuan Bajo.

Salah satu tempat yang kini ramai dikunjungi dan favorit bagi wisatawan  adalah  Pondok Flores. Kuliner milik Nur Alwi, salah seorang 'Kartini' Labuan Bajo yang memiliki bakat memasak ini terletak di Jalan Prof. W.Z Johanes, Kelurahan Wae Kelambu Kecamatan  Komodo. Pondok Flores unggul dengan sajian kuliner khas masakan pesisir utara Flores.

Ada sejumlah kuliner khas Flores yang bisa membuat lidah bergoyang seakan tak ingin berhenti mencicipinya, seperti menu Ikan Kuah Bajo. Paduan antara Ikan Cara segar, jeruk nipis, asam muda, tomat pilihan, serai, bawang merah, bawang putih, daun kemangi dan garam menghasilkan ikan kuah dengan kenikmatan yang menggoda.

Doke, merupakan olahan sayur dengan bahan utama Jantung Pisang dan ikan bakar lalu dicampur kelapa Sangrai dan irisan bawang merah, irisan lombok kecil, jeruk sambal dan garam.

Bagi para pelancong pencinta sea food, juga tersedia di restaurant ini, Kerang Loger Nganga pengolahanya dari bahan  kerang yang ditumis dengan irisan bawang merah, bawang putih, irisan lombok kecil dan lombok besar, tomat dan garam serta bumbu khusus lainnya.

Lawar Cumi, diolah dari bahan cumi-cumi segar, irisan mangga muda, irisan bawang merah dan bawang putih, irisan lombok juga kelapa parut. Hasilnya? Wah, bisa-bisa 1 porsi terasa belum cukup untuk menikmatinya.

Ikan Cara Tumbuk, dibuat dari komposisi  Ikan Cara kering yang dibakar lalu diambil dagingnya dan kemudian ditumbuk dengan kelapa parut bercampur bawang merah dan tomat serta lombok dan sejumlah bahan rempah lainnya.

Semua menu pesisir utara itu lebih nikmat bila disajikan dengan nasi jagung yang merupakan salah satu makanan pokok penduduk Nusa Tenggara Timur, atau di wilayah lainnya yang banyak menghasilkan jagung, bukan beras. 

"Nasi jagung  merupakan campuran antara nasi dan jagung. Olahan jagung dicampur dengan beras 25 % dan jagung 75%  menyerupai nasi. Jadi, saat Anda makan nasi jagung, yang sebenarnya Anda makan adalah jagung. Kata banyak orang, mengonsumsi nasi jagung bisa membantu mengontrol gula darah sehingga baik untuk orang dengan diabetes dibandingkan nasi putih," tutur Nur Alwi kepada media ini, Jumat (20/4/2018).

Kehadiran restauran Pondok Flores di Labuan Bajo telah ikut memperkenalkan khazanah kekayaan keanekaragaman kuliner Flores dan Labuan Bajo khususnya. Alam Bumi Komodo baru lengkap dijelajahi bila telah pula mengecap nikmatnya menu lokal di Pondok Flores. Pondok kuliner bercita rasa Flores, Pulau Bunga itu.(ARON/JIMMY)
groups: